Saturday, September 6, 2008

Gerakan Mukena Bersih (GMB)

Assalammualaikum wr.wb.
Semoga salam dan shalawat Allah SWT senantiasa melimpah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan keluarganya yang mulia, serta kepada pembela dan pengikutnya yang setia.
APAKAH Gerakan Mukena Bersih ?
GMB adalah sebuah Program Pembelajaran Nilai-Nilai Islami dalam kehidupan nyata sehari-hari dengan memastikan tersedianya mukena yang bersih di tempat ibadah umum (mushola & mesjid).
"Kebersihan adalah bagian daripada iman", sebagaimana Sunnah Rasul Muhammad SAW, kebersihan spiritual melalui kebersifan fisik adalah tujuan akhir dari program GMB.
Program yang bersifat nirlaba dan berbasis relawan ini, dirancang sesederhana mungkin sehingga dapat menyentuh berbagai unsur dan kalangan di masyarakat.
Dua (2) kegiatan utama GMB adalah pengadaan mukena (Paket GMB) yang diupayakan dengan berbagai kegiatan penggalangan dana dan pemeliharaan mukena oleh para Relawan Pemelihara.
Relawan Pemelihara
Seseorang yang memahami tujuan dan manfaat program GMB secara menyeluruh, baik bagi dirinya maupun bagi lingkungannya. Yang oleh karenanya, berpartisipasi mendukung kegiatan ini dengan memberikan komitmen memelihara mukena yang diamanahkan kepadanya bagi tempat umum di lingkungan terdekatnya (rumah, tempat kerja, kampus, sekolah, pusat perbelanjaan, dll.) dengan tukar cuci secara berkala.
Bagi para pendukungnya, GMB memiliki beberapa dimensi pembelajaran yang meliputi; pencitraan Islam di tanah air, kesungguhan-ketulusan-kedisiplinan dalam mengemban amanah serta kebersamaan dalam belajar kebaikan hidup dunia-akhirat.
Sebagai bentuk tanggung jawab GMB kepada para pendukungnya, GMB didukung oleh support system yang terdiri dari data base, data tracking, pendampingan bagi relawan, evaluasi program maupun berbagai kegiatan komunitas GMB seperti pengajian (tausyiah) dan tour mesjid-mushola.
Untuk informasi, dapat menghubungi Sekretariat GMB
(021) 913 56 919 / 0815 8553 1003
Terima kasih. Wassalammuaikum wr.wb.

7 comments:

  1. Assw..Saya sangat mendukung GMB ini..karena jika melihat ke mushola2 yg mukenanya..sangat kotor & bau saya sbg Muslimah..sangat merasa malu sekali...kok sepertinya umat muslim di Indonesia sangat jorok sekali. Masukan saja..mungkin sebaiknya dibuat propsal kerjasama dengan bank2 syariah untuk mem-brandingkan bank2 syariah dalam mushola2 di seluruh tanah air...sehingga kebersihannya dapat terjamin dan terpantau dengan dukungan sponsor bank2 syariah..

    Salam, VK

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum,...
    Berawal dari pencitraan secara fisik, kita sebagai seorang muslim tau betul kebersihan menjadi suatu keharusan. Namun memang kesadaran resik harus terus digaungkan..
    Saya pribadi sebagai seorang karyawan swasta yang kantornya memiliki musholla yang berpegawai 300-350 orang, memiliki kesulitan untuk memberi tausiah ..agar sama-sama menjaga kerapihan dan kebersihan bersama. Awalnya saya berusaha memberi contoh untuk merapikan dan memasukkan kembali ke dalam lemari, namun tetap saja tergeletak dan tidak rapih. Meskipun ada pihak yang secara khusus memberishkan namun tetap tidak nyaman di mata...
    Kalo diperbolehkan saya ingin mengkampanyekan Gerakan Mukena Bersih ini dikantor saya. Mohon dukungannya

    ReplyDelete
  3. Ass. Wr. Wb
    Ide yang bagus (excellent). Selama ini setiap saya ke mesjid2/mall2, banyak menemukan mukena2 yang kotor dan bau. Maksud hati ingin membawa pulang buat mencuci tapi tidak tahu bagaimana caranya. Kalau saya ingin bergabung dengan komunitas ini bagaimana caranya. Terima kasih. Wass. Wr. Wb.

    ReplyDelete
  4. RELAWAN PEMELIHARA GERAKAN MUKENA BERSIH

    1. Relawan Pemelihara GMB adalah orang yang memahami tujuan dan manfaat program GMB dan ingin berpartisipasi dengan memberikan komitmennya untuk memelihara mukena di tempat ibadah umum di lingkungan sekitarnya (bisa di daerah tempat tinggal/ tempat kerja/ kampus/ sekolah/ kantor pemerintahan dan pusat perbelanjaan)

    2. Dalam melaksanakan program GMB, Relawan Pemelihara tidak boleh mempunyai unsur/tujuan yang bersifat komersil, bisnis dan politik

    3. Relawan Pemelihara akan menerima paket GMB secara cuma-cuma sebagai amanah dari keluarga besar GMB (antara lain Relawan Sponsor dan Donatur) maksimum 3 paket/ Relawan Pemelihara

    4. 1 (satu) Paket GMB terdiri dari 4 (empat) set mukena, poster GMB, formulir partisipasi, tanda terima paket GMB dan lembar panduan kegiatan GMB. Formulir dan tanda terima harus diisi lengkap dan diserahkan kembali ke GMB melalui Pengurus GMB atau e-mail mukenabersih@yahoo.co.id

    5. Pelaksanaan tukar cuci atas 1 paket GMB adalah 2 (dua) set disediakan untuk dipakai umum di lokasi ibadah dan 2 (dua) set dijadikan mukena pengganti saat 2 (dua) set dicuci

    6. Jadwal tukar cuci berbeda pada tiap lokasi tergantung tingkat pemakaian dan kondisi mukena namun, minimal 1 (satu) kali dalam seminggu mukena harus ditukar cuci untuk menjamin kebersihan dan kerapihannya

    7. Setiap kerusakan/ kehilangan mukena GMB harus dilaporkan kepada GMB untuk ditindaklanjuti

    8. Apabila karena sesuatu hal Relawan Pemelihara tidak bisa melanjutkan pemeliharaan atas paket GMB maka Relawan Pemelihara yang bersangkutan dapat mengamanahkan kembali kepada orang yang dapat dipercaya -selama paket GMB dipakai pada lokasi penempatan yang sama- dengan sebelumnya melaporkan secara tertulis kepada Pengurus GMB

    9. Apabila karena sesuatu hal Relawan Pemelihara tidak bisa melanjutkan pemeliharaan atas paket GMB dan ketentuan butir 8 diatas tidak dapat dipenuhi maka, Relawan Pemelihara wajib mengembalikan Paket GMB yang dalam pemeliharaannya kepada Pengurus GMB

    10. Setelah 1 (satu) tahun, Paket GMB dapat ditukar dengan Paket GMB yang baru.

    ReplyDelete
  5. real banget ya, inspiring sekali, ternyata berbuat baik itu tidak mesti gede-gede, makasih atas aktivitas yang membuat saya sadar, jazakumulLahu khairan katsiran.

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum.wr.wb
    gmana yah cara daftarnya? isi formulirnya dmn? via email atau langsung datang ke jakarta?
    tapi kan kalo langsung dateng kayanya tidak bisa.

    ReplyDelete